Linux Inspirations

Installasi Zend Optimizer

Posted on: 7 April, 2007

ZendZend Optimizer yang saya install adalah versi 3.2.6 dan OS yang saya pakai adalah Linux Fedora Core 5, tidak banyak tulisan disini, mungkin lansung kita mulai step by step. Untuk informasi silahkan anda kunjungi website http://www.zend.com

Installation:

1). Sebelum mendownload anda diharuskan dulu untuk register di websitenya Zend. Setelah login nanti anda akan diberi link untuk mendownload Zend Optimizer, saya sendiri mendownload  versi ZendOptimizer-3.2.6-linux-glibc21-i386.tar.gz, jika ada silahkan anda pilih versi terbaru.

2). Tahap selanjutnya meng-extract file yang sudah anda download :

# tar xvfz  ZendOptimizer-3.2.6-linux-glibc21-i386.tar.gz

# cd  ZendOptimizer-3.2.6-linux-glibc21-i386

3). Selanjutnya menjalan perintah install.sh

# ./install.sh 

4). Selanjutnya anda akan menemui “Welcome Screen” dari Zend.

  

5). Persetujuan License

  

6). Lokasi installasi Zend ( Tidak perlu diganti ) ikutin aja apa adanya.

  

7.) Lokasi php.ini (Silahkan anda sesuaikan dengan lokasi php.ini anda, biasanya sih Zend menyesuaikan dengan sendirinya.) 

  

8). Zend Installasi menanyakan apakah anda memakai Apache Server? Pilih saja “Yes”

  

9). Silahkan sesuaikan dengan lokasi apache anda.

10). Zend secara otomatis mengganti lokasi php.ini anda dan php.ini lama akan di backup secara otomatis oleh Zend.

  

11). Installasi selesai.

  

12). Restart apache server

  

Running Restart

  

Untuk me-restart apache dengan cara manual :

# service httpd restart

atau

# /etc/init.d/httpd 

13). Untuk memastikan Zend Optimizer berhasil anda install silahkan anda ketik :

# php -v 

PHP 5.1.2 (cli) (built: Feb 28 2006 06:21:15)
Copyright (c) 1997-2006 The PHP Group
Zend Engine v2.1.0, Copyright (c) 1998-2006 Zend Technologies
with Zend Extension Manager v1.2.0, Copyright (c) 2003-2007, by Zend Technologies
with Zend Optimizer v3.2.6, Copyright (c) 1998-2007, by Zend Technologies

14). Setelah semua installasi selesai silahkan anda hapus file Zend yang anda download tadi :)

# rm -rf  ZendOptimizer-3.2.6-linux-glibc21-i386.tar.gz

© Referensi – http://www.webhostgear.com/184.html

Tinggalkan Balasan

ABout Me!


WordPress ini sengaja saya buat untuk menulis apa yang telah saya lakukan agar saya selalu ingat, tulisan yang saya buat kebanyakan dalam bentuk tutorials configurasi linux dari hasil uji coba saya dan sebahagian di kutip dari beberapa website lain yang saya anggap perlu untuk saya tulis disini. Mudah-mudahan tutorial yang saya buat ini berguna buat pencinta linux yang lain. Salam Sejahtera.

Blog Stats

  • 120,467 hits

Linux Inspiration

