Linux Inspirations

Menginstall webmin di Linux

Posted on: 7 April, 2007

WebminContributed by: anaconda
Apa itu webmin…. Webmin sendiri adalah fasilitas administrasi via website, hampir semua jenis servis, dan berbagai customasi dapat dilakukan oleh webmin. Tentunya : webmin mempermudah mengubah konfigurasi / memanajemen linux yang dulunya dilakukan via konsole melalui ssh.
Menginstall webmin merupakan hal yang mudah, walaupun tidak terlalu mudah juga…

Prasyaratnya : anda memiliki account root.

selanjutnya, ambil file webmin dari situsnya webmin.com di mana versi terbaru pada saat tulisan ini dibuat adalah webmin-1.080. Jika ingin versi yang lebih baru silahkan Anda download pada situs project webmin sendiri http://webmin.com/

Lalu, untuk menginstall, taruhlah webmin-1.080.tar.gz pada sebuah folder (terserah),

disarankan sih /usr/share/.
Pertama, kita copy file webmin ini ke /usr/share dg command berikut:

# cp webmin* /usr/share/
Lalu masuk folder /usr/share dg command berikut:
# cd /usr/share
nah selanjutnya kita mengekstrak webmin dengan cara :
# tar xvfz webmin-1.080.tar.gz
tunggu sebentar, akan terbentuk direktori webmin-1.080
marilah kita pindah ke direktori itu dengan
# cd webmin-1.080
lanjutnya juga mudah…. jalankan setup dengan :
# ./setup.sh

konfigurasikan letak folder setting (default /etc/webmin-1.080), port terkoneksi (standar : 10000), penggunaan ssl (pasang saja yes), dan nama domain/ip yang dapat diakses (secara default dikenali webmin), satu lagi adalah user dan password-nya.
setelah itu, webmin akan menanyakan apakah service akan dijalankan secara otomatis setiap kali bootup ? jawab saja ya !!!
 

tahapan selanjutnya kita login ke webminnya :buka webbrowser, ketikkan

https://ipaddressdimaksud:10000

SELESAI ……………

Source : Saya lupa ambil dari mana, yang jelas dengan code Contributed by: anaconda

Tinggalkan Balasan

ABout Me!


WordPress ini sengaja saya buat untuk menulis apa yang telah saya lakukan agar saya selalu ingat, tulisan yang saya buat kebanyakan dalam bentuk tutorials configurasi linux dari hasil uji coba saya dan sebahagian di kutip dari beberapa website lain yang saya anggap perlu untuk saya tulis disini. Mudah-mudahan tutorial yang saya buat ini berguna buat pencinta linux yang lain. Salam Sejahtera.

Blog Stats

  • 120,467 hits

Linux Inspiration

