Linux Inspirations

install phpmyadmin di freebsd

Posted on: 8 April, 2007

Freebsd_phpmyadminphpmyadmin??? kenapa diinstall itu? nanti jadi celah untuk di hack. awalnya saya berpikir demikian. tapi, kalau gak pake phpmyadmin, susah juga karena semua database harus diisi secara  manual. Setelah baca-baca, ternyata gak terlalu masalah koq menggunakan phpmyadmin asal menggunakan yang versi terbaru dimana celah keamanannya sudah diperbaiki.Akhirnya saya coba install phpmyadmin. biasa, biar mudah kita install lewat port.

# cd /usr/ports/databases/phpmyadmin

# make install clean

kalo uda, kita tambahkan di httpd.confnya

Alias   /phpmyadmin      “/usr/local/www/phpMyAdmin/”
<Directory “/usr/local/www/”>
Options none
AllowOverride Limit
Order allow,deny
Allow from all
</Directory>
lalu save

sekarang kita edit config.default.php

Pada entry $cfg[’Servers’][$i][’auth_type’] = ‘config’; ubahlah menjadi:
$cfg[’Servers’][$i][’auth_type’] = ‘http’;

Kosongkan entry $cfg[’Servers’][$i][’user’] = ‘root’; sehingga menjadi:
$cfg[’Servers’][$i][’user’] = ”; //       sebelum titik koma adalah tanda kutip satu ‘ dua buah.

lalu save.

setelah itu tinggal di coba

Source : http://bimshop.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

ABout Me!


WordPress ini sengaja saya buat untuk menulis apa yang telah saya lakukan agar saya selalu ingat, tulisan yang saya buat kebanyakan dalam bentuk tutorials configurasi linux dari hasil uji coba saya dan sebahagian di kutip dari beberapa website lain yang saya anggap perlu untuk saya tulis disini. Mudah-mudahan tutorial yang saya buat ini berguna buat pencinta linux yang lain. Salam Sejahtera.

Blog Stats

  • 120,467 hits

Linux Inspiration

