Linux Inspirations

Menambah Hard Disk Baru di FreeBSD 6.2

Posted on: 6 Februari, 2010

  1. Secara fisik hard disk [IDE termasuk SATA] yang akan ditambahkan sudah terpasang dengan benar di komputer FreeBSD yang diinginkan yang sebelumnya hanya menggunakan satu hard disk IDE [ad0].
  2. # edit /var/run/dmesg.boot Langkah ini untuk melihat apakah hard disk baru yang ditambahkan bisa dikenali oleh sistem FreeBSD kita. Pada langkah-langkah selanjutnya, di sini diasumsikan bahwa hard disk baru dikenali sebagai ad1
  3. # dd if=/dev/zero of=/dev/rad1 bs=1k count=1 Langkah ini men-clear-kan hard disk baru
  4. # fdisk  -BI ad1 Langkah ini untuk menginisialisasi hard disk baru yang ditambahkan
  5. # bsdlabel -B -w -r ad1s1 auto lalu # bsdlabel -e ad1s1 Langkah ini untuk melabeli
  6. # mkdir -p /hd2 Langkah ini membuat direktori /hd2 untuk menampung mounting dari  partisi hard disk baru nantinya
  7. # newfs /dev/ad1s1e Langkah ini memformat partisi baru
  8. # mount -t ufs /dev/ad1s1e /hd2 Langkah ini untuk melakukan mounting partisi /dev/ad1s1e yang telah dibuat pada point 7 ke direktori /hd2 yang dibuat pada point 6
  9. # edit /etc/fstab Tambahkan baris berikut :

    /dev/ad1s1e    /hd2   ufs     rw     1    1

    agar pada booting berikutnya FreeBSD Anda bisa mengenali penambahan hard disk baru ini dan kita tinggal menggunakannya di /hd2

  10. Untuk hard disk tipe SCSI ganti ad dengan da

FreeBSD…masihkah perlu diragukan ?

Source : http://handaru.blogsome.com/2008/01/01/menambah-hard-disk-baru-di-freebsd-62/

1 Response to "Menambah Hard Disk Baru di FreeBSD 6.2"

Artikel yang menarik, blog Anda juga bagus…sukses ya 🙂
http://mobil88.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

ABout Me!


WordPress ini sengaja saya buat untuk menulis apa yang telah saya lakukan agar saya selalu ingat, tulisan yang saya buat kebanyakan dalam bentuk tutorials configurasi linux dari hasil uji coba saya dan sebahagian di kutip dari beberapa website lain yang saya anggap perlu untuk saya tulis disini. Mudah-mudahan tutorial yang saya buat ini berguna buat pencinta linux yang lain. Salam Sejahtera.

Blog Stats

  • 120,467 hits

Linux Inspiration

